Kamis, 07 Juli 2016

Gitaris Terbaik dan Populer di Indonesia

Musik merupakan hiburan yang mengasyikkan, saat mendengar alunan musik terdapat sebuah seni yang indah saat kita mendengarnya. Untuk terciptanya sebuah musik yang indah tentunya terdapat faktor-faktor yang mendukung yaitu alat musik yang digunakan. Setiap alat musik mempunyai ciri khas masing-masing sehingga bisa menghasilkan suatu nada lagu yang indah saat di dengarkan. Perpaduan alat musik akan jauh lebih bagus daripada menampilkan satu alat musik saja, bayangkan saja jika hanya ada satu alat musik pasti sangat monoton sekali saat di dengar. Maka dari itu perpaduan alat musik sangat baik sekali untuk terciptanya sebuah nada lagu yang indah.

Seringkali kita melihat berbagai grup musik yang terdiri dari banyak musisi seperti yang paling umum adalah gitaris, drummer, biola, dan piano. Saat berbagai alat musik tersebut di mainkan maka akan menghasilkan karya seni yang sangat luar biasa. Peran seorang gitaris atau pemain gitar dalam grup musik sangat penting sekali, suara gitar yang sangat merdu saat solo bagus sekali untuk di dengarkan, maka dari itu peran seorang gitaris dalam sebuah grup musik sangat di butuhkan sekali, tanpa pemain gitar maka rasanya musik tidak terasa hidup. Banyak sekali pemain gitar terbaik di dunia ini dan sampai-sampai melegenda karena kepiawaian dalam memainkan gitar maupun karya-karya yang di ciptakan.

Tidak hanya di luar negeri saja yang memiliki gitaris terbaik, di Indonesia juga sebenarnya terdapat banyak pemain gitar terbaik yang tidak kalah dengan gitaris luar negeri. Diantaranya banyaknya gitaris terbaik di dunia, pasti kalian juga memiliki favorit gitaris yang ada di Indonesia. Entah itu karena kepiawaiannya, karya-karyanya, ataupun cara mereka saat bermain gitar di panggung. Nah, bagi kalian yang penasaran, siapa saja sih gitaris terbaik di Indonesia? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan daftar gitaris terbaik di Indonesia, yang mungkin itu adalah gitaris favorit kalian.

1. Ian Antono

Ian Antono
Ian Antono
Jusuf Antono Djojo atau yang biasa di sebut Ian Antono merupakan seorang gitaris rock asal Indonesia ia lahir di Malang, 29 Oktober 1950. Ia juga di kenal sebagai gitaris grup band musik rock God Bless. Perjuangannya dari waktu ke waktu menjadi sebuah legenda musik rock Indonesia, berbagai macam pahitnya menjadi musisi sudah pernah ia rasakan.

Pada awalnya Ian Antono adalah seorang drummer, berbagai band ia singgahi sebelum ia terkenal saat ini. Kemudian akhirnya ia menetap menjadi gitaris resmi dari grup band God Bless pada tahun 1974. Namanya mulai menarik perhatian orang karena pada saat itu atmosfer musik rock di Indonesia belum ada yang memulai. Bersama God Bless ia melopori musik rock di Indonesia, secara otomatis sebagai gitaris God Bless ia juga ikut populer.

2. Dewa Budjana
Dewa Budjana
Dewa Budjana
I Dewa Gede Budjana tau yang biasa kenal dengan Dewa Budjana merupakan gitaris terbaik di Indonesia selanjutnya. Pasti kalian sudah tahu grup band Gigi, kan? Iya, grup band yang sudah sejak terbentuk dan masih aktif sampai sekarang merupakan band yang populer dan terkenal, begitu juga dengan sang gitarisnya yaitu Dewa Budjana. Ketertarikan pada gitar sudah terlihat sejak ia sekolah dasar, bahkan ia pernah nekat mengambil uang neneknya demi ingin membeli sebuah gitar.

Dewa Budjana belajar gitar secara otodidak cara-cara memainkan alat musik gitar ini, sampai pada akhirnya ia sadar bahwa permainan gitarnya masih terbatas, kemudian ia mulai mendalami bermain alat musik gitar secara serius. Sebelum Dewa Budjana bergabung dengan grup band Gigi, ia sempat bergabung dengan grup band Squirrell, Spirit, dan Java Jazz. Selain berkarya dengan grup band Gigi, ia juga mempunyai proyek solo album.

3. Eet Sjahranie
Eet Sjahranie
Eet Sjahranie
Gitaris terbaik di Indonesia berikutnya adalah Zahedi Riza Sjahranie atau yang biasa dikenal dengan nama Eet Sjahranie. Sejak usia 5 tahun Eet sudah menyukai musik dan mendengarkan lagu-lagu barat seperti Jimi Hendrix, Deep Purple, Led Zeppelin, Bee Gees, dan The Beatles. Namun yang membangkitkan semangatnya untuk bermain gitar malah grup band asal Indonesia sendiri yaitu band Koes Plus, kala ia melihat permainan dari personil Koes Plus.

Eet mendapat gelar gitaris terbaik pada acara festival Band SLTA se-Jakarta bersama grup bandnya yang bernama Cikini’s band, yang ia bentuk dengan teman-teman sekolahnya dulu. Eet Sjahranie kini menjadi gitaris handal yang dimiliki Indonesia, ia juga di sebut-sebut sebagai jawara gitar di Indonesia.

4. Eross Candra
Eross Candra
Eross Candra
Eross Candra merupakan gitaris grup band terkenal asal Indonesia yaitu Sheila On 7 yang masih aktif sampai sekarang. Eross lahir di keluarga yang memiliki hobi musik, ia mengenal musik sejak masih sekolah dasar karena sering mendampingi ibunya latihan band. Eross sangat tertarik sekali dengan alat musik gitar dan mulai mendalaminya, ia mendapat kado gitar dari ayahnya sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-14 tahun.

Saat itu ada sebuah festival band DIY di Yogyakarta dan mendapat juara satu bersama bandnya yang bernama Sheila Gank serta Eross mendapat gelar The Best Guitarist. Saat ini Eross Candra masih aktif sebagai gitaris Sheila On 7 dan masih setia dengan fender yaitu gitar kesukaan Eross.

5. Tohpati
Tohpati
Tohpati
Memiliki nama lengkap Tohpati Ario Hutomo dan biasa di kenal dengan nama Tohpati, merupakan seorang gitaris dan penulis lagu. Ia di kenal sebagai gitaris jazz terbaik di Indonesia, sebelum menekuni aliran jazz ia lebih dulu memainkan musik aliran rock. Sejak remaja, Tohpati sudah sering mengikuti acara panggung maupun festival dan sering menjadi gelar gitaris terbaik pada acara-acara festival tersebut. Setelah itu, Tohpati banyak mengisi acara di TVRI dan kesempatan untuk mengembangkan karirinya semakin besar.

Tohpati merilis album solonya pada tahun 1998, dalam albumnya ia menampilkan penyanyi terkenal seperti Shakila dan Glenn Fredly agar albumnya cepat populer. Dan akhirnya ia merilis lagu-lagu baru dan banyak diminati oleh pecinta musik.

6. Balawan
Balawan
Balawan
Gitaris terbaik di Indonesia berikutnya adalah I Wayan Balawan atau yang biasa di panggil Balawan. Ia mengenal dan bermain gitar sejak umur 8 tahun, ia tertarik karena melihat kakaknya yang asyik bermain gitar bersama teman-temannya. Setelah lulus SMA bakat musiknya semakin besar dan mendapatkan beasiswa di Australian Institute of Music selama 3 tahun. Setelah selesai pada tahun 1996 ia kembali ke Indonesia, namun sangat disayangkan Balawan karena trend lagu di Indonesia tidak sesuai apa yang di usungnya, karena aliran musiknya dianggap aneh di Indonesia maka ia lebih sering tampil di luar negeri.

Balawan merupakan gitaris yang di kenal sebagai pemain gitar elektrik double neck dan tekniknya yang bermain tapping 8 jari. Ia merupakan gitaris favorit dengan aliran jazz dan sering di undang dalam acara stasiun televisi serta menjadi guru di beberapa sekolah musik Indonesia.

Itulah daftar gitaris terbaik dan populer di Indonesia, sebenarnya masih banyak lagi potensi-potensi gitaris yang di miliki oleh Indonesia. Untuk menentukan sebuah pemilihan gitaris terbaik mungkin sulit karena semua memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing serta ciri khas. Jika ada kesalahan kata maupun informasi mohon dimaklumi. Jika kalian mempunyai pendapat tentang gitaris terbaik di Indonesia jangan lupa untuk berkomentar di bawah, kami akan menyantumkannya pada artikel diatas dengan syarat berdasarkan informasi yang tepat.

Gitaris Terbaik dan Populer di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Musthafa Kamal

0 komentar:

Posting Komentar